BALI TOLAK REKLAMASI

Rabu, 23 Juli 2014

Komponen android

Rabu, Juli 23, 2014 Posted by DENDY JEFRIANA No comments


1.      Application dan Widgets

Application dan Widgets adalah layer dimana kita berhubungan dengan aplikasi saja.

2.      Application Frameworks

Merupakan layer dimana para pembuat aplikasi melakukan pengembangan/ pembuatan aplikasi yang akan dijalankan di sistem operasi Android, kerana pada layer inilah aplikasi dapat dirancang dan dibuat.

Komponen-komponen yang termasuk didalam Application Frameworks adalah sebagai berikut :

·            Views

·            Content Provider

·            Resource Manager

·            Notification Manager

·            Activity Manager

3.      Libraries

Libraries adalah layer dimana fitur-fitur Android berada, biasanya para pembuat aplikasi mengakses libraries untuk menjalankan aplikasinya.

4.      Android Runtime

Layer yang membuat aplikasi Android dapat dijalankan dimana dalam prosesnya menggunakan Implementasi Linux. Didalam Android Runtime dibagi menjadi dua bagian, yaitu :

    Core Libraries

Aplikasi Android dibangun dalam bahasa java, sementara Dalvik sebagai virtual mesinnya bukan virtual Machine Java, sehingga diperlukan sebuah libraries yang berfungsi untuk menterjemahkan bahasa java/c yang ditangani oleh Core Libraries.

    Dalvik Virtual Machine

Virtual mesin berbasis register yang dioptimalkan untuk menjalankan fungsi-fungsi secara efisien, dimana merupakan pengembangan yang mampu membuat linux kernel untuk melakukan threading dan manajemen tingkat rendah.

3.      Linux Kernel

Linux kernel adalah layer dimana inti dari operating system dari android itu berada. Berisi file-file system yang mengatur system processing, memory, resource, drivers, dan system-sistem operasi android lainnya. Linux kernel yang digunakan pada android adalah linux kernel release 2.6.

   Activity

Suatu activity akan menyajikan User Interface (UI), sehingga user dapat melakukan interaksi. Pada umumnya aplikasi memiliki banyak activity, vatergantung pada tujuan aplikasi dan desain dari aplikasi tersebut. Satu aplikasi atau yang bertindak sebagai User Interface (UI) saat aplikasi diperlihatkan kepada user. Untuk pindah dari satu activity ke activity lain kita dapat melakukannya dengan satu even, misalkan click tombol, memilih opsi atau menggunakan triggers tertentu. Tiap Activity merupakan satu class tunggal yang merupakan perpanjangan daripada class dasar activity.

Arsitektur dan Aplikasi Android

1.      Linux Kernel : Kernel berperan sebaagai abstraction layer antara hardware dan keseluruhan software. Sebagai contoh, HTC GI dilengkapi dengan kamera. Kernel Android terdapat driver kamera yang memungkinkan pengguna mengirimkan perintah kepada hardware kamera.

2.      Android Runtime : Android Runtime ini berisi Core Libraries dan Dalvik Virtual Machine.Dalvik adalah Java Virtual Machine yang memberi kekuatan pada sistem AndroidDalvik Virtual Machine (VM) menggunakan kernel Linux untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti threading dan low-level memory management.

3.      Libraries : Android menyertakan satu set library-library dalam bahasa C/C++ yang digunakan oleh berbagai komponen yang ada pada sistem Android.

Berikut ini beberapa core library tersebut :

System C

Library

Media Libraries

JPG, and PNG.

Surface Manager

LibWebCore

SGL

3D libraries

FreeType

SQLite

4.      Application Framework : Application Framework merupakan serangkaian tool dasar seperti alokasi resource smartphone, aplikasi telepon, pergantian antar - proses atau program, dan pelacakan lokasi fisik telepon.

5.      Application : Di lapisan inilah anda menemukan fungsi-fungsi dasar smartphone seperti menelepon dan mengirim pesan singkat, menjalankan web browser, mengakses daftar kontak, dan lain-lain.Mereka mengakses fungsi-fungsi dasar tersebut melalui user interface.Untuk menjalankan program android programmer harus menyediakan aplikasi SDK di PC.

Keunggulan Android :
Keterbukaan : Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.
Penghancuran perbatasan : Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.
Kesamaan aplikasi : untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain.anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.

0 komentar:

Posting Komentar